Kamis, 03 Januari 2013

HARDWARE DAN SOFTWARE UNTUK AKSES INTERNET BESERTA FUNGSINYA



  1. PERANGKAT KERAS (Hardware)
Penggunaan dan pemanfaatan internet sudah tak asing lagi saat ini. Tetapi sudahkah teman-teman tahu, kira-kira perangkat keras apa saja yang diperlukan agar dapat mengakses internet?
Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang paling penting untuk digunakan antara lain:
a. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut:
  • Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III atau setara dengannya.
  • RAM (Random Access Memory), berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 256MB.
  • Harddisk, digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 20GB.
  • VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB. Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
b. Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya modem pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.




Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
c. Router
Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan menruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router berperan sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router terletak di setiap Gateway (dimana sebuah jaringan bertemu dengan jaringan yang lain). Router ini berfungsi untuk menghubungkan (menjadi jalur) jaringan LAN dengan internet sehingga router membuat jalur transmisi antara keduanya.
d. Kabel UTP
Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antarkomputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya. Kbel UTP digunakan sebgai kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.
Type / Tipe kategori Kabel UTP / Unshielded Twisted Pair :
  • Kategori 1 : Untuk koneksi suara / sambungan telepon/telpon
  • Kategori 2 : Untuk protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps
  • Kategori 3 : Untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps
  • Kategori 4 : Untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga20Mbps
  • Kategori 5 : Untuk protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps









e. Konektor RJ 45
Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP.
f. Switch Hub
Switch hub digunakan untuk menghubung jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. Switch hubberperan dalam menyatukan kabel jaringan dari setiap komputer baik client maupun server serta modem. Pada pasaran terdapat beberapa jenis Hub namun yang terpenting adalah jumlah port yang dimiliki. Hub dengan 8 port, Hub 16 port maupun Hub dengan 24 port.
g. Ethernet Card
Ethernet card (LAN card) digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang koneksi. Ethernet card disebut juga dengan Network Interface Card (NIC).
Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per second (bps). Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, dan 1000 bps. Jenis – Jenis ethernet card antara lain :
  1. Ethernet,
  2. Fats ethernet
  3. Gigabit ethernet
h. Webcam
Webcam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui Worl d Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.


i. Wireless Adapter
Wireless Adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika
j. Kabel Koaksial
Kabel koaksial merupakan kabel yang digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya
  1. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
  1. Sistem operasi
Sistem operasi merupakan penghubung antara user (pengguna ) dengan computer. Adapun system operasi yang umum digunakan untuk mengakses internet adalah windows, Apple dan Linux dengan semua varians yang dimiliki oleh system operasi tersebut. Sistem operasi yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan. Perhatikan keterangan minimum hardware requirement pada boks perangkat lunak sistem operasi yang akan anda beli. Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya telah mampu menjelaskan sistem operasi Windows XP atau Windows Vista. Selain menggunakan Windows XP atau Vista, anda bisa juga menggunakan sistem operasi gratis seperti Ubuntu Linux.
   Contoh Sistem Operasi
  1. Browser
Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web (halaman-halaman internet). Browser yang umum digunakan adalah internet explorer browser ini ekslusif hanya dapat berjalan pada system operasi windows, Mozila Firefox browser ini dapat berjalan pada system operasi windows, linux dan tentunya Apple, Opera, Safari, Google Chrom.
  1. Internet Explorer (IE) : Browser ini sudah memiliki banyak pelanggan karena sudah memiliki brand-image yang sangat terkenal. Internet Explorer ini dikeluarkan oleh microsoft corporation, biasanya secara default disertakan bersamaan dengan operating system (OS). Memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support digunakan untuk kegiatan apapun, jarang ada keluhan error / dsb. Kekurangannya mungkin agak sedikit lambat dalam urusan download file dari internet, baik untuk browsing, surfing, download, maupun upload. Untuk yang sangat mengandalkan kestabilan dan supported, browser ini bisa dijadikan pilihan utama.
  1. Mozilla firefox : Browser ini memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya memiliki kecepatan yang sangat tinggi, baik untuk download, maupun upload file. Kemudahan dalam hal penggunaan, juga menjadi pilihan banyak orang. Keunggulan yang tidak dimiliki IE adalah adanya tab baru dalam satu jendela yang sama, hal ini lebih memudahkan untuk mengakses ke banyak situs dalam satu tampilan tanpa harus berpindah-pindah windows / jendela sehingga lebih menghemat memory computer selama mengakses internet. Memiliki supported yang sangat tinggi dan keamanan yang cukup terjamin, produk yang diakuisisi oleh google ini semakin menggeser keberadaan IE sebagai browser dengan pengguna terbesar.
  1. Opera : Browser ini menjadi saingan Mozilla Firefox dan internet explorer. Tampilannya terlihat cukup canggih dan modern. Keunggulannya sama seperti mozilla firefox, dapat membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses internet lumayan tinggi, cuman sering terjadi masalah dalam mengakses situs-situs tertentu seperti blogger misalnya. Supported yang disertakannya masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error / not completed result, didalam mengakses situs-situs tertentu.
  1. E-mail Client
E-mail client berfungsi untuk mengelola e-mail. Contoh E-mail client antara lain Microscoft Outlook Ekspress, Microscoft Office Outlook, dan Mozila Thunderbird
  1. Instant Messaging Client
Instant Messaging Client berfungsi sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks. Cotoh Instant Messaging Client adalah ICQ, Yahoo! Messenger, iChat, dan Pidgin.

  1. Jenis – Jenis Modem Beserta Keuntungan Dan Kerugiannya
Secara fisik modem dapat dibedakan sebagai berikut:
  1. Modem Eksternal
Modem jenis ini biasanya dipasarkan dalam bentuk kotak dalam pelbagai rupa. Ada yang segiempat, bulat, berbentuk telur dan macam-macam lagi. Modem jenis ini biasanya dihubungi melalui kabel ke port COM1, COM2 atau port lain yang bersesuaian di PC. Modem external adalah lebih mahal tapi tidak mudah disambar petir kalau dibandingkan dengan 'internal modem'. External modem adalah lebih baik kerana ianya menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modem fungsi modem tersebut tidak seperti 'software modem' yang lain. Dengan ini, perpindahan data melalui internet adalah lebih cepat. External modem juga dibekalakn dengan fungsi lampu yang dapat menunjukkan proses perjalanan modem tersebut.

Modem External
Kelebihan modem eksternal :
  • Portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
  • Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi.
  • Modem eksternal juga dilengkapi lampu Indikator Artikel Baru Yang memudahkan untuk Artikel Kita memonitor status modem. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem.
Kekurangan modem eksternal :
  • Harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal.
  • Modem Eksternal juga membutuhkan Tempat tersendiri untuk Artikel menaruhnya meskipun Kecil.


  1. Modem Internal
Internal Modem", iaitu modem berjenis kad sirkit digunakan dengan memasang atau melekatkannya pada litar PCI. Litar PCI ini didapati pada kebanyakn PC sekarang dimana ianya khas digunakan untuk menampung penambahan kad-kad assesori pada PC seperti 'sound card', 'graphic card' dan sebagainya. Kebiasaannya, moden internal ini juga dikenali sebagai PCI modem. Modem berjenis ini adalah lebih murah kerana buatannya adalah lebih ringkas tanpa memerlukan kotak. Ia senang dipasang tanpa memerlukan kabel.
Terdapat dua jenis modem seperti ini iaitu 'software modem" dan "hardware modem". "Software modem" ini adalah modem yang menggunakan perisian khas untuk menjanakan sistem processor PC bagi menjalankan fungsi modem tersebut. "Hardware modem" pula menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modemnya. Jadi disini adalah jelas bahawa 'hardware modem" adalah lebih baik disebabkkan ia tidak mengganggu sumber sistem prosessor PC bila modem berjalan. Walaubagaimanapun, kedua-dua modem jenis ini adalah lebih mudah disambar petir berbandingkan dengan "external modem".

Modem Internal
Kelebihan modem internal :
  • Modem internal biasanya jauh lebih murah daripada modem eksternal. Hal ini terutama karena biaya produksi yang lebih rendah karena tidak ada bahan yang digunakan membangun kasus di sekitarnya. modem internal tidak memiliki lampu LED untuk mencerminkan konektivitas, yang juga menurunkan biaya produksi.
  • Internal modem menggunakan kekuatan komputer untuk menjalankan fungsi. Tidak ada tambahan plug diperlukan. modem internal sangat efisien dan menggunakan daya kurang dari modem eksternal. Semua daya yang dibutuhkan disediakan oleh power supply komputer.
  • Internal modem diinstal di dalam komputer, sehingga mengambil ruang tidak di atas meja. Hal ini membebaskan ruang meja untuk benda lain.
  • Internal modem hanya memerlukan saluran telepon untuk disambungkan. Kekuatan dan sambungan komputer semua diasuh oleh slot PCI dimana modem terhubung.
  • Modem eksternal merupakan magnet bagi debu. Sedangkan modem internal tidak akan ditutupi dengan debu karena terletak di dalam komputer.
Kekurangan modem internal :
  • Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modemeksternal. Akibatnya agak sulit untuk Artikel memantau status modem (walaupun Bisa dilakukan lewat software).
  • Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU.
  • Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.
  1. Modem GSM
Kelebihan:
· Sanggup menangani volume transaksi yang besar
· Sanggup menangani transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat
· Lebih awet dan perawatannya lebih mudah
Kekurangan:
1. Harganya mahal
2. Koneksinya lambat
dan sering mengalami gangguan
  1. Modem ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
Kelebihan ADSL
  • Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
  • Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berinternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
Kekurangan ADSL
  • Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses internetnya.
  • Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL. Misalnya Mac. Cara yang dipakai pun akan lebih rumit dan ada kemungkinan memakan waktu lama. Sehingga pengguna Linux harus menggantinya dengan software yang lebih umum seperti Windows Xp atau Linux.
  • Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidak cocokkan jalur untuk ADSL.
  • Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
  • Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini. Di mana penggunaan fiber optic ini tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan sulit dalam pengiriman sinyal melalui fiber optic.
  • Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang Telkom