Kamis, 03 Januari 2013

Bluetooth



TEKNOLOGI BLUETOOTH
Pendahuluan
Teknologi jaringan saat ini telah berkembang dengan pesat. Berbagai macam teknologitelah dikembangkan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi. Kalau pada era tahun 80-an teknologi jaringan komputer hanya mengandalkan teknologi jaringan berbasis kabel, saat initeknologi tersebut mulai banyak di tinggalkan karena beberapa keterbatasannya, seperti besarnyabiaya yang harus di keluarkan oleh organisasi jika menggunakan teknologi ini (wired network),selain itu teknologi ini juga tidak flexibel karena sangat tergantung pada kabel.

Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitusekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local AreaNetworks) WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebutmenawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatantransfernya.Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal(LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant(PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal denganhotspot) terdekat. Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologikomunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local areanetwork).

Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikankepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudahmemenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyurAmerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE)berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16.






Perangkat Wi-Fi  sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan WirelessMetropolitan Area Network (WMAN).Karena perangkat dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLANyang digunakan di frekuensi 2,4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial,Scientific dan Medical). S

edang untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11a dan 802.16diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja di sekitar pitafrekuensi 5 GHz.Tingginya animo masyarakat, khususnya di kalangan komunitas Internet Menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. P

pertama, kemudahan akses. Artinya, parapengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkandengan kabel. Konsekuensinya, pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing beritadan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.Menjamurnya hotspot di tempat-tempat yang dibangun oleh operator telekomunikasi,penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan dipicu faktor kedua, yakni karena biayapembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat. Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakinmenggejala di berbagai belahan dunia, telah mendorong Internet service providers (ISP)membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.

Beberapa pengamat bahkan telahmemprediksi pada tahun 2006, akan terdapat hotspot sebanyak 800.000 di negara-negara Eropa,530.000 di Amerika Serikat dan satu juta di negara-negara Asia.Keseluruhan jumlah penghasilan yang diperoleh Amerika Serikat dan negara-negaraEropa dari bisnis Internet berbasis teknologi Wi-Fi hingga akhir tahun 2003 diperkirakanberjumlah 5.4 trilliun dollar Amerika, atau meningkat sebesar 33 milyar dollar Amerika daritahun 2002 (sumber: www.analysys.com).







WiMax
WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access,merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA)yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakanevolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disampingkecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan openstandar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetapdapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps),

 WiMax Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), sepertistandar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity(WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX).Pada jaringan selular juga telah dikembangkan teknologi yang dapat mengalirkan datayang overlay dengan jaringan suara seperti GPRS, EDGE, WCDMA, dan HSDPA.

Masing-masing evolusi pada umumnya mengarah pada kemampuan menyediakan berbagai layanan baruatau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice, video dan data secara bersamaan(triple play). Sehingga strategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadiMobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP).WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tandasertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16.WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi danjangkauan yang luas.

WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX jugamembawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendoryang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk „last mile broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung didalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (EuropeanTelecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN. Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas didaerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerahEropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, makadiciptakanlah WiMAX.

Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yangmemiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewatmedia wireless atau dikenal dengan BWA.Sebagai teknologi yang berbasis pada frekuensi, kesuksesan WiMAX sangat bergantungpada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi. Sistem wireless mengenal dua jenis bandfrekuensi yaitu Licensed Band dan Unlicensed Band. Licensed band membutuhkan lisensi atauotoritas dari regulator, yang mana operator yang memperoleh licensed band diberikan hak eksklusif untuk menyelenggarakan layanan dalam suatu area tertentu. Sementara UnlicensedBand yang tidak membutuhkan lisensi dalam penggunaannya memungkinkan setiap orangmenggunakan frekuensi secara bebas di semua area.

WiMAX Forum menetapkan 2 band frekuensi utama pada certication profile untuk FixedWiMAX (band 3.5 GHz dan 5.8 GHz), sementara untuk Mobile WiMAX ditetapkan 4 bandfrekuensi pada system profile release-1, yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GHz.Secara umum terdapat beberapa alternatif frekuensi untuk teknologi WiMAX sesuai dengan petafrekuensi dunia. Dari alternatif tersebut band frekuensi 3,5 GHz menjadi frekuensi mayoritasFixed WiMAX di beberapa negara, terutama untuk negara-negara di Eropa, Canada, Timur-Tengah, Australia dan sebagian Asia. Sementara frekuensi yang mayoritas digunakan untuk Mobile WiMAX adalah 2,5 GHz
 
Banyak keuntungan yang didapatkan dari terciptanya standardisasi industri ini. Paraoperator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WiMAXdapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan tingkat kompatibilitas lebihtinggi. Selain itu, pasarnya juga lebih meluas karena WiMAX dapat mengisi celah broadbandyang selama ini tidak terjangkau oleh teknologi Cable dan DSL (Digital Subscriber Line).

WiMAX salah satu teknologi memudahkan mereka mendapatkan koneksi Internet yangberkualitas dan melakukan aktivitas. Sementara media wireless selama ini sudah terkenal sebagaimedia yang paling ekonomis dalam mendapatkan koneksi Internet. Area coverage-nya sejauh 50km maksimal dan kemampuannya menghantarkan data dengan transfer rate yang tinggi dalamjarak jauh, sehingga memberikan kontribusi sangat besar bagi keberadaan wireless MAN dandapat menutup semua celah broadband yang ada saat ini. Dari segi kondisi saat proseskomunikasinya, teknologi WiMAX dapat melayani para subscriber, baik yang berada dalamposisi Line Of Sight (posisi perangkat-perangkat yang ingin berkomunikasi masih berada dalam jarak pandang yang lurus dan bebas dari penghalang apa pun di depannya) dengan BTS maupunyang tidak memungkinkan untuk itu (Non-Line Of Sight).

Jadi di mana pun para penggunanyaberada, selama masih masuk dalam area coverage sebuah BTS (Base Transceiver Stations),mereka mungkin masih dapat menikmati koneksi yang dihantarkan oleh BTS tersebut.Selain itu, dapat melayani baik para pengguna dengan antena tetap (fixed wireless)misalnya di gedung-gedung perkantoran, rumah tinggal, toko-toko, dan sebagainya, maupunyang sering berpindah-pindah tempat atau perangkat mobile lainnya.

Mereka bisa merasakannikmatnya ber-Internet broadband lewat media ini. Sementara range spektrum frekuensi yangtergolong lebar, maka para pengguna tetap dapat terkoneksi dengan BTS selama mereka beradadalam range frekuensi operasi dari BTS.Sistem kerja MAC-nya (Media Access Control) yang ada pada Data Link Layer adalahconnection oriented, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi berbentuk video dan suara. Siapa yang tidak mau, ber-Internet murah, mudah, dan nyaman dengan kualitasbroadband tanpa harus repot-repot. Anda tinggal memasang PCI card yang kompatibel denganstandar WiMAX, atau tinggal membeli PCMCIA (Personal Computer Memory CardInternational Association) yang telah mendukung komunikasi dengan WiMAX. Atau mungkin Anda tinggal membeli antena portabel dengan interface ethernet yang bisa dibawa ke mana-manauntuk mendapatkan koneksi Internet dari BTS untuk fixed wireless.

Bluetooth
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal areanetworks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukantukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth inidikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetoothberoperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hoppingtraceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antarahost-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yangpendek dan kemampuan transfer data yang rendah.


Nama “bluetooth” berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh, Harald Blatand yang di Inggris juga dijuluki Harald Bluetooth kemungkinan karena memang giginya berwarna gelap. Iaadalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang,termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayahScania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga termasuk daerah kekuasaannya.Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yangbisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam.Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf Hdan B (singkatan dari Harald Bluetooth) yang kemudian digabungkan.
 
Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat digunakan secaraaman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga. Fitur-fitur yang disediakan bluetoothantara lain sebagai berikut:
Enkripsi data.
Autentikasi user
Fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec)


Output power controlFitur-fitur tersebut menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggiseperti password dan PIN. Tetapi dari sebuah artikel internet, menurut penelitian dua mahasiswaTel Aviv University, mengenai adanya kemungkinan Bluetooth bisa disadap dengan prosespairing berpasangan.Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia pada proses pairing. Selama inidua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yangkemudian disimpan dan dipakai dalam proses enkripsi pada komunikasi selanjutnya. Langkahpertama ini mengharuskan pengguna yang sah untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai,PIN empat digit ke perangkat. Pesan lalu dikirim ke perangkat lainnya, dan ketika ditanyai kuncirahasia, dia berpura-pura lupa. Hal ini memacu perangkat lain untuk memutus kunci dankeduanya lalu mulai proses pairing baru. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan olehhacker untuk mengetahui kunci rahasia yang baru. Selain mengirim ini ke perangkat Bluetoothyang dituju, semua perangkat Bluetooth yang ada dalam jangkauan itu juga tetap dapat disadap.



Kelebihan
 Kelebihan yang dimiliki oleh sistem Bluetooth adalah:
Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter
Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat
Bluetooth dapat mensinkronisasi database dari handphone ke komputer

Dapat digunakan sebagai perantara modem
Kekurangan
 Kekurangan dari sistem Bluetooth adalah:
Sistem ini menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar
Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan
pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan
Banyak mekanisme keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan untuk mencegahkegagalan pengiriman atau penerimaan informasi.


Di Indonesia, sudah banyak beredar virus-virus yang disebarkan melalui bluetooth darihandphoneDi Indonesia, perkembangan bluetooth mengacu pada negara-negara maju dan sudah banyak sekali perangkat yang dilengkapi dengan sistem bluetooth sehingga memudahkan berbagaiproses transfer data

Kesimpulan
Penggunaan teknologi jaringan berbasis wireless merupakan pilihan yang tepat saat ini. Hal inidisebabkan mulai bergesernya perilaku perusahaan dalam menjalankan bisnis mereka. Denganportabilitas dan kompatibiltas yang di tawarkan oleh teknologi wireless tentunya merupakanpilihan yang sangat menarik. Namun di balik itu harus di pertimbangkan juga teknologi wirelessapa yang tepat untuk di terapkan di perusahaan sehingga dapat benar-benar membantu bisnisperusahaan tersebut. Berikut ini adalah tabel perbandingan antara Wi-Fi, WiMAX, danBluetooth:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar